WELCOME IN THIS WORLD

Mau belajar Sulap atau Hipnotis GRATIS...

Dateng langsung aja ke monas tiap hari minggu jam 11:00wib. info = 085771555948 (Call/sms)

JIKA ANDA MENYUKAI BLOG INI. SILAHKAN KLIK DISINI

Wednesday, April 22, 2009

KIAT BELAJAR

Untuk Pelajar

Pernahkah anda menemui kasus seperti ini :
  • Seorang teman yang selalu nampak belajar dengan keras namun hasilnya tetap saja tidak memuaskan...mengapa bisa demikian...??? Apakah otaknya yang sudah buntu hingga tidak dapat menerima pelajaran apapun...???
  • Seorang teman yang tidak pernah nampak terlihat belajar atau cara belajarnya terlalu santai tapi hasilnya selalu bagus...mengapa bisa demikian...???apakah ia memang memiliki otak yang genius atau memang bakat...???
Pada dasarnya semua manusia memiliki kemampuan otak yang sama, hanya saja dalam prosesnya tidak menghasilkan kemampuan yang sama, ada yang memiliki kemampuan otak yang luar biasa, ada yang memiliki kemampuan otak yang biasa saja, bahkan ada yang memiliki kemampuan otak yang sangat rendah...

Pada umumnya kemampuan otak seseorang yang 'normal' masih dapat berkembang pesat dan mampu menerima hampir semua hal dalam usia 0 sampai 35 tahun. Lebih dari itu kemampuan otak seseorang dalam menerima menjadi berkurang, maka tepat jika ada pepatah yang mengatakan "belajar diwaktu kecil bagai mengukir diatas batu dan belajar diwaktu tua bagai mengukir diatas air".

Kemampuan otak seseorang pada dasarnya sama namun yang berbeda adalah cara berpikirnya. Dalam mempelajari sesuatu, seorang siswa belum tentu dapat menerima pelajaran yang diberikan oleh gurunya.

Ada beberapa faktor : pertama, siswa itu tidak senang dengan pelajarannya atau tidak senang dengan gurunya atau malah keduanya. kedua, suasana (hati, pikiran, lingkungan, dsb), ketiga, cara belajar yang tidak sesuai dengan cara berpikirnya. Metode apapun tidak akan berhasil jika tidak sesuai dengan cara berpikir siswa tersebut.

Study kasus yang lebih sederhana bisa kita temui dalam kehidupan sehari-hari, bahkan pada diri kita sendiri. Banyak sekali kita temui siswa-siswi sekolah dasar dapat menghapal dan menyanyikan sebuah lagu dari grup musik kesayangannya hanya dengan 1-2 kali mendengarkan, tapi sulit sekali menghapal UUD '45 yang teksnya tertulis pada kertas yang sedang ia pegang. Mengapa demikian...???

Saya rasa tidak perlu menjelaskan secara rinci, tapi intinya adalah Pola Pikir..!!!

Berdasarkan kasus diatas, MMC membuka Room yang dikhususkan untuk para Anggota yang masih berstatus pelajar yang diberi nama SPRIV (Study Private). Di room ini para anggota akan dibimbing dalam belajar dengan metode yang disesuaikan cara berpikir masing-masing anggota, dengan demikian, diharapkan semua pelajaran yang dipelajari dapat diserap dengan baik. SPRIV tidak membimbing seperti umumnya lembaga bimbingan belajar, tapi para anggota dibimbing untuk belajar sendiri dengan metode yang sesuai dengan pola pikirnya masing-masing.


TIP's Belajar

  • Ciptakan suasana yang menyenangkan untuk belajar, kamu bisa menata kamarmu sedemikian rupa hingga kamu merasa nyaman untuk belajar. (saran ; hindari benda-benda yang berbentuk kotak di sekitar tempat tidur dan meja belajar, hidari pemasangan poster bergambar manusia atau hewan, sebaiknya diganti dengan pemandangan)
  • Dengarkan musik klasik seperti mozart, bethoven, symphony, dsb dengan volume sendu (tidak terdengar dari jarak <10>
  • Bangun jam 5 pagi, belajar diluar rumah (beranda, balkon, loteng) sambil minum teh atau susu hangat (usahakan susu atau teh jangan sampai dingin karena terlalu lama tidak diminum dan juga jangan meminum langsung habis)
  • Untuk menghapal...baca satu paragraf 3 kali lalu tutup bukunya dan coba sebutkan. Ulangi sampai hapal 1 paragraf baru lanjutkan paragraf berikutnya.
  • Hubungkan semua hal yang kamu lakukan dengan pelajaran disekolah (misal : ketika sedang bermain bola, kamu bisa menghitung jika jarak kamu dengan gawang adalah N, seberapa kuat kamu harus menendang dengan demikian kamu bisa mencari rumus matematika untuk mengukur kekuatan menendang, atau kamu bisa menghubungkan hal lainnya.
  • Biasakan berbicara bahasa inggris, meskipun dengan gaya 'abg lebay' tapi itu lebih cepat dalam kamu belajar bahasa inggris daripada kursus ditempat yang mahal sekalipun. Jangan takut untuk dibilang sok british atau sok-sok yang lain meskipun bahasa inggris kamu acak-acakan, karena yang mendapat hasilnya kamu sendiri dan bukan orang lain.
  • Selalu katakan dalam hati bahwa kamu adalah yang terbaik dan kamu bisa menyelesaikan semua pelajaran dengan baik, katakan setiap saat dan tanamkan jiwa optimis dalam hati.
  • Bercerminlah setiap habis mandi pagi dan sore, dalam keadaan segar, kamu katakan kepada orang yang berada dibalik cermin "kamu adalah orang hebat"..."kamu yang terbaik"..."kamu pasti bisa"...atau kata-kata apa saja yang bisa membangkitkan semangat belajar dan jiwa optimismu.
  • Buat sebuah permainan yang berhubungan dengan pelajaran. Apapun caranya, yang namanya permainan lebih cepat dihapal daripada pelajaran, tul gak...
  • Ajak orang yang kamu suka untuk menjadi anggota kelompok belajarmu, ini efektif lho...tapi jangan sampai kamu 'nembak' dia sebelum kamu buktikan hasil dari kerja kelompokmu.
TIP's diatas hanyalah beberapa saran dari metode konsep berpikir, kamu bisa mempraktekkan salah satu TIP's diatas yang sesuai dengan kamu atau kamu bisa coba semuanya.Go a head.. ..Ok !

So, jadikan hari-harimu penuh magic,




<>

No comments:

Post a Comment

Tulis testymonial anda disini, dan anda akan dapatkan rahasia trik Sulap secara pribadi dari saya...

 
host gator coupons